Senin, 31 Januari 2011

Media Dan Reagensia

Apa Itu Media Selektif ???

    

Nah…..kita cari tahu dulu apa itu media, kita bahas bareng - bareng yuk!!!!!


 

  • Pengertian media secara umum

Media berfungsi untuk menumbuhkan mikroba, isolasi, memperbanyak jumlah, menguji sifat-sifat fisiologi dan perhitungan jumlah mikroba, dimana dalam proses pembuatannya harus disterilisasi dan menerapkan metode aseptis untuk menghindari kontaminasi pada media. Berikut ini beberapa media yang sering digunakan secara umum dalam mikrobiologi.


 

  • Media selektif

Media Selektif Diferensial (Penghambat) yaitu media yang menumbuhkan segolongan bakteri tertentu, media ini mempunyai susunan sedemikian rupa, sehingga kuman yang dicari akan tumbuh degan koloni yang khas sedang kuman lain kurang khas.

Media diberi senyawa kimia tertentu → diinokulasi →diinkubasi →suatu perubahan khas.


 

Macam – macam media selektif :

  • Mac Conkey Agar ( MC )
  • Deoxycolate Sitrat Agar ( DCA )
  • Salmonella - Shigella Agar ( SSA )
  • Thiosulfate Citrate Bile Salt Agar ( TCBS )
  • Manitol Salt Agar ( MSA )


     

  • Mac Conkey Agar

MC adalah media selektif diferensial untuk menumbuhkan segolongan gram (-) batang dan bisa membedakan antara LF (laktosa fermenter) dan NLF (non laktosa fermenter). Menghambat pengaruh kristal violet terhadap pertumbuhan bakteri gram-positif, selanjutnya bakteri gram-negatif dapat diisolasi. Media dilengkapi dengan karbohidrat (laktosa), garam empedu, dan neutral red sebagai pH indikator yang mampu membedakan bakteri enteric sebagai dasar kemampuannya untuk memfermentasi laktosa.


 

Prinsip :

Adanya inhibitor (Penghambat) yang berupa kristal violet dan garam empedu

    Lactosa Fermenter (Merah)

MC    gram (-) batang

    Non Laktosa Fermenter (Pucat)

Laktosa Fermenter berwarna merah karena bakteri akan mencerna laktosa menjadi asam dan menghasilkan warna merah karena adanya indikator yg pada pH asam merah.


 

Gram (+) coc/basil, gram (-)     K.V + garam empedu

Keterangan:

Fungsi media    : Untuk media selektif dan differensial untuk gram (-) batang

Contoh bakteri    : E.coli, pseudomonas, s. thypi, v. cholera

Zat penghambat    : Garam empedu dan Kristal violet

Indikator         : Neutral red

Karbohidrat     : Laktosa

Warna media     : Merah keunguan


 

  • Deoxycholate Citrate Agar

Deoxycholate citrate agar adalah medium selektif differensial yang digunakan untuk isolasi bakteri enteric pathogen langsung dari specimen tinja dan urine, atau tidak langsung dari kaldu pengaya, seperti selenit-F. bahan – bahan selektif adalah Na, sitrat dan Na, deoksikolat, yang dapat menghambat sebagian besar hasil enteric.


 

Prinsip :

Adanya inhibitor (Penghambat) yang berupa kristal violet dan garam empedu

    Lactosa Fermenter (Pink sampai merah)

DCA    gram (-) batang

    Non Laktosa Fermenter (tidak berwarna)

Bakteri laktosa Fermenter yang dapat menghambat inhibitor koloninya berwarna pink samapi merah sebagai hasil perubahan pH akibat fermentasi laktosa. Medium ini tidak boleh diotiklaf. Plat medium ini disimpan dalam lemari es untuk beberapa hari, diinkubasi 35˚C di udara (bukan di CO2) selama 48 jam.


 

  • Salmonella – Shigella Agar

SSA digunakan untuk menyeleksi salmonella dan beberapa strains shigella dari specimen tinja (stool). SSA juga membedakan bakteri yang menghasilkan koloni yang karakteristik pada medium. SSA mengandung garam empedu, Na-sitrat, dan brilliant green yang menghambat pertumbuhan gram (+) dan beberapa gram (-) LF normal yang ada di tinja. Laktosa merupakan sumber karbohidrat , sedangkan indicator yang dipakai adalah neutral red. Jika bakteri tumbuh dan memefermentasi laktosa maka akan menghasilkan asam dan mengubah indikator menjadi pink-merah. Na-tiosulfit sebagai sumber sulfur untuk produk H2S. jika H2S diproduksi maka akan bereaksi dengan FeCl3 yang terdapat dalam medium.


 

  • Thiosulfate Citrate Bile Salt Agar (TCBS)

    TCBS adalah medium selektif yang digunakan untuk isolasi spesies vibrio dari spesimen berak (stoll) yang mengandung bakteri campuran. Agar TCBS juga membedakan produksi karakteristik kolono dari spesies vibrio. Vibrio spp tumbuh kerdil pada media yang dirancang untuk isolasi Salmonella dan Shigella dengan menghasilkan koloni tak berwarna pada MCA. Agar TCBS mengandung Na. Sitrat, Na. Tiosulfat, dan ox-gall (10% larutan) yang bersama-sama menghambat pertumbuhan beberapa bakteri gram-positif kokus dan gram-negatif batang yang normal ada dalam berak.

    Agar TCBS sebaiknya digunakan inokulum banyak, karena vibrio cepat mati dan medium banyak sekali mengandung ihibitor. Spesimen segar adalah sangat baik, karena bakteri tersebut sangat sensitif terhadap kekeringan, cahaya matahari, dan pH asam. Jika penamaan harus ditunda, maka bisa digunakan semisolid Cary-Blair sebagai transpor medium daripada buffer gliserol. Plat diinkubasi pada 35oC selama 18-24 jam atau digunakan untuk uji oksidase. Saat v.cholera membentuk koloni hijau biru menunjukan adanya kelambatan fermentasi sukrosa. Beberapa vibrio spp, tidak dapat tumbuh baik pada medium ini. Jugga bakteri lain seperti Pseudomonas, Plesiomonas, dan Aeromonas, dapat tumbuh pada TCBS dan biasanya menghasilkan koloni biru dan harus di bedakan dari vibrio.


 

Keterangan:

Fungsi             : untuk media selektif untuk vibrio

Contoh bakteri        : v. cholera, s. aureus, s. thypi, E. coli

Zat penghambat        : garam empedu dan Na-sitrat

Indicator            : Empedu dan BTB yaitu difermentasi sukrosa jadi kuning

Karbohidrat        : sukrosa

Warna media        : hijau


 

  • Manitol Salt Agar ( MSA )

MSA adalah
media yang menumbuhkan segolongan bakteri gram (+) batang dan bisa membedakan antara MF (manit fermenter) dan NMF (non manit fermenter). Dalam media ini terdapat indikator berupa Fenol red, dengan indikator berupa garam dapur (NaCl 7- 9 %). Contoh bakterinya adaalh stapilococcus.


 

Prinsip :

Adanya inhibitor (Penghambat) yang berupa garam dapur

    Manit Fermenter (Kuning), contoh : S. aureus

MSA    gram (+) batang

    Non manit Fermenter (Merah), contoh : S. epidermis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar